Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memandikan Bayi Usia 1 - 2 Bulan


Memandikan bayi bisa jadi merupakan salah satu kegiatan yang baru bagi Ibu yang baru melahirkan anak pertama. Sebagian ibu muda masih sering takut-takut dalam memandikan bayi, bahkan ada yang tidak berani seperti emaknya si kecil di rumah tuh.. Hihihihi. Ketika anak saya dulu masih berusia sampai satu bulan dimandikan 1 kali sehari, rutinitas memandikan ini dilakukan nenek dan kadang-kadang saya sebagai seorang Bapak juga memandikan si kecil. memandikan bayi biasanya dilakukan jam 7 pagi, karena waktu itu kami di Kota padang jadi jam tujuh itu suhu udara sudah tidak terlalu dingin lagi. Ketika bayi memasuki usia lebih dari sebulan bayi tersebut mulai dimandikan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di sore hari setelah Azan Ashar.

Jika ibu bertanya; berapa lama memandikan bayi usia 1 - 2 bulan? Maka konsep yang perlu dipahami dalam hal memandikan bayi adalah konsep bersih, semakin ceptat bayi usia 1 - 2 selesai dimandikan semakin baik. Kalau waktu yang bisa saya perkirakan kurang lebih 3 menit.

Cara dan tahapan memandikan bayi usia dibawah 2 minggu (belum lepas tali pusar):

1. Siapkan air hangat-hangat kuku untuk air mandi bayi
2. Lepas semua pakaian bayi dengan hati-hati.
3. Letakkan bayi di meja pemandian yang dialasi dengan perlak atau kain.
4. Celupkan kain handuk atau sarung tangan memandikan bayi kedalam air hangat-hangat kuku yang telah disediakan tadi.
5. Usapkan handuk atau sarung tangan mandi basah tersebut terlebih dahulu ke muka dan kepala  secara lembut.
6. Selanjutnya mengusap badan bayi, perlu diperhatikan bagi bayi yang belum jatuh tali pusar sebaiknya ketika mengusap badan bayi angkat dali pusar tersebut sehingga tidak ikutan basah.
7. Nomor 5 dan 6 dilakukan hanya sekali usapan (sekedar membasahi)
8. Tetesi sabun bayi ke handuk atau sarung tangan mandi dan kucek hingga berbusa, sabuni wajah dan kepala bayi dan diikuti menyabuni seluruh badan bayi.
9. Besrsihkan sabun dengan menyiramkan air atau mencelupkan punggung bayi kedalam bak mandinya, hati-hati jangan sampai air masuk telinga bayi.

Posting Komentar untuk "Cara Memandikan Bayi Usia 1 - 2 Bulan "