Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Istri Masih Bisa Berhubungan?

 




MENOPAUSE adalah suatu kondisi dimana menstruasi berhenti secara permanen, akibat sel telur yang ada pada indung telur (ovarium) sudah habis. Biasanya terjadi pada rentang usia 45-65 tahun.

Beberapa hal yang harus dilakukan ketika memasuki masa menopouse :

1. Menerima “kedatangannya”, bahwa ini adalah proses alamiah yang dialami semua wanita, sehingga bisa terhindar dari sikap emosional dan depresi.

2. Berolahraga secara teratur. Ini bisa mencegah penyakit yang banyak terjadi pasca menopouse, seperti osteoporosis dan pengapuran.

3. Memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan makanan yang mengandung estrogen alami seperti kacang kedele dapat mencegah dan mengurangi keluhan pasca menopouse.

Bagaimana dengan hubungan suami istri? Tentu saja tetap bisa dinikmati. Secara alami, berkurangnya hormon estrogen pada menopouse mengakibatkan vagina menjadi kering sehingga menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan. Ini merupakan FAKTOR UTAMA gairah seksual wanita usia menopouse menurun.

Cara mengatasinya dengan memberikan cairan lubrikasi/pelumas ( bisa didapatkan di apotek ) sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri saat penetrasi. Kemudian harus diperhatikan juga foreplay/ pemanasan, kondisi fisik, psikis, dan suasana, yang semuanya harus dikomunikasikan dengan pasangan. Wallahualam.

Posting Komentar untuk "Apakah Istri Masih Bisa Berhubungan?"